CDI dan Platina adalah suatu alat yang digunakan pada mesin untuk pengapian, maksudnya untuk mengatur waktu pengapian. jadi pada saat piston pada posisi dibawah (Titik Mati Bawah) busi tidak mengeluarkan api, nah pada saat piston diatas (titik mati atas), busi akan memercikan bunga api, untuk mengatur hal ini digunakan platina atau CDI. platina menggunakan cara konvesional untuk mematikan dan menyalakan busi, yaitu masih mengandalkan pegas yang menempel pada rotor..
kelemahan platina :
- cepet rusak, karena terjadi gesekan antara platina dan rotor
- pada putaran mesin yang tinggi, pengapian kurang sempurna
kelebihan platina :
- murah
- masih bisa disetel kalau udah mulai rusak
sedangkan CDI, untuk mematikan dan menyalakan busi menggunakan cara elektronik dengan bantuan pulser yang ada di medan magnet.
kelemahan CDI :
- mahal (kalau yang murah cepet rusak dan harus diganti dengan yang baru)
kelebihan CDI :
- pada putaran mesin tinggi pengapian stabil sehingga tenaga yang dihasilkan juga besar.
Untuk masalah pengurutan kabel busi saya memang tidak pernah mengutak-atik karena katanya bisa membuat boros BBM.