Date: 23 Oct 2017
Welcome, Guest
Complete, all you can do here.
Sign Up »
Sonicly


[ New Messages · Forum Rules · Search · RSS ]
Page 1 of 11
Sonicly Forum » E-Lifestyle » Internet » Cari Kerja Lewat Facebook, Kenapa Tidak!
Cari Kerja Lewat Facebook, Kenapa Tidak!
FunDate: Saturday, 06 Nov 2010, 15.51 | Message # 1
Watcher
Group: User
User ID: 8
Joined: 23 Jul 2010
Messages: 720
Awards: 13 [+] Loading Awards...

Jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter rupanya bukan hanya media yang bagus untuk mencari teman, tetapi manfaat jaringan ini juga semakin tinggi untuk mencari lowongan kerja dan merekrut pekerja.

Kedua jejaring sosial itu, menurut John A. Challenger, CEO Challenger, Gray & Christmas, Inc, sekarang menjadi media penting bagi para pencari kerja. Perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya manusia ini sebelumnya memberikan saran kepada pencari kerja untuk membuka account di LinkedIn.

Namun, dia mengingatkan saat ini semakin banyak pekerja yang memakai jaringan Facebook dan Twitter. Diperkirakan sekitar 51 persen orang dewasa pemakai internet menggunakan kedua situs tersebut. Hanya dalam dua tahun, jumlahnya meningkat jadi separoh.

"Pertumbuhan terbesar terjadi di Facebook, khususnya untuk pengguna internet berusia 35 tahun atau lebih," kata John seperti dikutip All Headline News, 17 November 2009.

Bahkan, dia mencermati semakin banyak perusahaan yang menggunakan media sosial untuk mencari pekerja. Dalam sebuah survei mencari kerja sekitar 80 persen dari perusahaan menggunakan media sosial untuk mencari kandidat. Situs favorit adalah LinkedIn.

Dari semua perusahaan yang menggunakan sosial media tersebut, sekitar dua per tiga melaporkan bahwa mereka telah sukses mendapatkan kandidat yang bagus.

Media jejaring sosial memang memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan metode biasa. Pengguna Facebook bisa memasang background pendidikan, keahlian, pengalaman dan kapasitas mereka dalam profil dirinya di account-nya. Ini akan memudahkan pihak lain untuk mengetahuinya.

Sedangkan, pencari kerja juga akan mencari perusahaan spesifik yang kemungkinan membuka peluang kerja serta mengirimkan email kepada orang-orang yang mereka tahu bekerja di sana.

Perusahaan kemudian akan mengecek kandidat tersebut melalui karyawan yang mengenalnya. Jika kandidat memiliki blog dan account di facebook, maka mereka bisa mengetahui lebih dalam soal kapasitas calon tersebut.

Di Indonesia misalnya, ada komunitas yang sangat digemari oleh para pengguna Facebook untuk memburu kerja. Misalnya, Informasi Lowongan CPNS dan BUMN. Hingga saat ini fans komunitas ini sudah mencapai 387 ribu pengguna Facebook.


 
Sonicly Forum » E-Lifestyle » Internet » Cari Kerja Lewat Facebook, Kenapa Tidak!
Page 1 of 11
Search:

Forum Statistics
New Posts Popular Topics Top Users New Members
Chrysler to build ZF'...
SEAL OFFLINE(SEAL OFFLIN...
Tips Menghias Kamar Agar...
Strategi Jitu Agar Lekas...
Tips Rahasia ML ...
Masyarakat Bisa Tuntut P...
Tanaman Berkhasiat Obat ...
Bahaya Onani Bagi Remaja...
Dicari, Sonicly Designer
PINGIN POSTING GAK JELAS...
CARA MENINGGIKAN BADAN D...
Dicari, Sonicly Designer
Lowongan Sukarela Untuk ...
PINGIN POSTING GAK JELAS...
Sebelum posting Thread, ...
Lama bekerja di depan Ko...
Bahaya Onani Bagi Remaja...
BEBAS!
PC Unik Gabungan Laptop,...
One Piece
777 [1035]
Fun [720]
jason [82]
mukakisut [79]
about:blank [61]
Vi [60]
deniel [35]
((X2X))Noobs_Hunter [31]
never00miss [24]
xenja [17]
twilightZone008
strike21
dencis
Fajri
ebe
envi
igor
kndykndy
oezil
Icescubes

Sign In

E-mail:
Password:

Sonicly Totalistic

Member: 5095
Forum: 2322
News: 27
Blog: 16
Downloads: 18
Comments: 5