Date: 23 Aug 2017
Welcome, Guest
Complete, all you can do here.
Sign Up »
Sonicly

Sonicly Menu

Main » 2010 » December » 22 » Merencanakan Keuangan Secara Bijak
10.41
Merencanakan Keuangan Secara Bijak
Added by: Fun
Wednesday, 22 Dec 2010, 10.41

Momen sebelum tahun baru merupakan awal yang tepat apabila kita akan melakukan introspeksi diri terhadap segala hal termasuk hal keuangan. Lakukan evaluasi menyeluruh dan ayunkan rasa optimis kita kedepan guna mendapatkan hasil yang lebih baik ditahun depan. Ada beberapa kiat jitu yang dapat digunakan untuk mengenali serta mengevaluasi tingkah laku keuangan kita yaitu sebagai berikut.

1. Tukang Belanja

Menjadi orang kaya bukanlah ditentukan oleh seberapa besar penghasilan kita melainkan seberapa melainkan seberapa besar kita mampu hidup dibawah penghasilan. Bila anda termasuk dalam hal ini, segera putar haluan sekarang juga, awali dengan janji kepada diri anda untuk bersikap lebih hemat, hiduplah dibawah tingkat penghasilan anda walau seberapa besarpun oenghasilan anda.

2. Hemat Pangkal Kaya, Bukan Pelit, Tapi Belajar Berinvestasi

Ciri - cirinya adalah tidak memiliki hutang yang buruk bahkan tidak memiliki hutang sama sekali dan memiliki t6abungan yang lumayan besar. Orang yang termasuk didalam tipe seperti inu harus belajar lebih mendalam mengenai investasi di luar tabungan dan deposito. Beberapa contih jenis investasi lain yang lebih menguntungkan dari tabungan dan deposito walaupun sedikit lebih berisiko adalah emas, tanah, reksadana, saham dawn obligasi

3. Penyeimbang

Jika anda termasuk dalam kategori orang yang penyeimbang, ciri - cirinya adalah semakin besar penghasilan anda maka akan semakin besar pula pengeluaran anda. Kalau masih dalam batas yang wajar segera ubah kebiasaan anda, berusaha berhemat akan lebih baik untuk anda karena jika anda tidak berusaha untuk hemat maka hidup anda tidak akan mengalami kemajuan dari segi keuangan. Hemat bukan berarti pelit tetapi mampu menyesuaikan kebutuhan anda dibawah tingkat penghasilan anda.

4. Komitmen Baru

Lakukan audit keuangan dengan cara anda sendiri dengan membuat neraca keuangan keluarga. Langkah - langkahnya adalah, kita mengumpulkan dan menghitung uang berdasarkan nilai pasar seluruh harta kekayaan yang kita miliki dan tentu saja seluruh hutang yang kita miliki. Harta diletakkan disi kiri sedangkan hutang dan selisih harta dikurangi hutang yang dapat berupa nilai positif / negatif diletakkan disisi kanan. Harta - harta yang dimasukkan kedalam neraca tentunya harta yang memiliki nilai jual atau aset. Catat semua hutang yang dimiliki apapun jenisnya dan kemudian masukkan kedalam nilai rupiah. Setelah itu carilah selisih yang terjadi antara harta kekayaan dengan hutang yang dimiliki. Jiha hasilnya negatif atau lebih besar hutang daripada aset anda, maka yang harus dilakukan adalah tinjau kembali hutang - hutang tersebut. Hutang yang baik adalah hutang yang dapat menyebabkan aset meningkat sedangkan hutang yang buruk dapat menurunkan kualitas hidup anda dalam jangka panjang. Utang yang buruk adalah hutang yang digunakan untuk membiayai gaya hidup anda yang konsumtif dimana anda tidak dapat membedakan apa yang menjadi keinginan dan apa yang menjadi kebutuhan.

5. Strategi Investasi Yang Baik

Petani yang baik adalah petani yang dapat mengatur masa panen yang dapat memenuhi kebutuhannya. Kika memiliki tanah yang luas maka ia akan membagi - baginya berdasarkan kecocokan tanah dengan tanaman dan masa panen. Ada yang panen dalam jangka waktu yang panjang, pendek dan menengah, begitu juga dengan investasi. Dalam memilih investasi anda juga harus pandai memilih jenis investasi yang memiliki hosison waktu baik itu jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

6. Alternatif Penghasilan

Cobalah untuk menjadi seorang enterpreneu sebagai alternatif pemasikkan yang dapat mendukung anda selain pekerjaan tetap anda karena berbisnis mungkin saja akan menambah atau bahkan nantinya akan menjadi sumber penghasilan utama anda.

Views: 103 | Rating: 0.0/0
Total Comments: 0
Only registered users can add comments.
[ Register | Login ]

Sign In

E-mail:
Password:

Sonicly Totalistic

Member: 5095
Forum: 2322
News: 27
Blog: 16
Downloads: 18
Comments: 5

Sonicly Statistic

Total Online: 1
Guests: 1
Users: 0